Tuesday, 15 December 2015

PENDATAAN 8355 SDN GROGOL SELATAN 05 PAGI



Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di Sekolah SDN Grogol Selatan 05 Pagi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia




Kelas               : LF53
Dosen              : D1812- Rina Patriana Chairiyani S.S., M.Pd 
Waktu             : Senin, 15 Oktober 2015
Pukul               : 09.00 – 12.00 ( 180 menit )
Lokasi             : SDN Grogol Selatan 05 Pagi
                          Jl. Kubur Islam Rt.012 Rw.01 Grogol Selatan, Kebayoran Lama


Tim yang Hadir
Ketua              :  Risma Fitrianah        1701357121
Anggota          :
1.      Ari Satriawan                         1701363566
2.      Bintang Permatasari                1701339541
3.      Cindy Melinda                        1701353003
4.      Isnani Rahmatullah                 1701308624
5.      Maya Kurnia                           1701350834
6.      Rifkah Tiara Kusumah            1701295590
7.      Ulfa Akhyara                          1701304582

*Seluruh anggota hadir.


ISI
a.       Teori Etika dan Etiket
Pertama, Etiket berkenaan dengan cara suatu perbuatan yang dilakukan, misalnya cara menyajikan makanan, cara makan, cara berbicara dll. Sedangkan etika berhubungan dengan masalah apakah suatu perbuatan boleh atau tidak boleh dilakukan, misalnya tidak boleh menyajikan makanan kadaluwarsa, tidak makan makanan orang tanpa izin, tidak boleh memfitnah orang lain. Kedua, etiket hanya berlaku dalam pergaulan. Jadi, berlaku hanya jika ada orang lain. Sedangkan etika berlaku baik ada orang lain maupun tidak. Ketiga, etiket bersifat relatif-particular. Etiket umunya berlaku berbeda dari satu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya. Sedangkan etika lebih bersifat absolute-universal. Etika umunya berlaku umum dimana saja ada manusia. Keempat, etiket mengatur manusia secara lahiriah. Misalnya etiket berpenampilan didepan umum. Sedangkan etika lebih menyangkut penampilan rohaniah atau batiniah.
Dalam kegiatan kegiatan ini kami menerapkan etika dan etiket sebagaimana mestinya, seperti etiket dalam cara berbicara, berbaur dengan masyarakat sekolah dan berpenampilan yang rapih selayaknya mahasiswa. Sedangkan etika kami memulai dengan meminta izin terlebih dahulu dalam melaksanakan kegiatan ini kepada pihak sekolah, berpenampilan sopan bersifat umum dalam dunia pendidikan.
b.      Persiapan yang kami lakukan :
1.      Meminta izin pihak sekolah
2.      Setelah mendapat izin, kami menyiapkan dokumen-dokumen, antara lain:
a.       Data Penerima KJP
b.      Data 8355
c.       Data verivikasi 8355
d.      Validasi pendidikan
e.       Instrumen KJP Siswa
f.       Instrumen KJP Sekolah
g.      Form Evaluasi Kegiatan
3.      Melakukan kegiatan, selama melaksanakan kegiatan kami menggunakan almamater dan membawa kartu mahasiswa atau card flazz sebagai identitas

c.       Dalam melakukan kegiatan Pendataan data 8355 di SDN Grogol Selatan 05 Pagi kami menggunakan metode wawancara langsung kepada pihak Tata Usaha sekolah sesuai dengan data verifikasi 8355. Hal-hal yang berdampak pada metode ini :
1.      Hal Positif
Kami merasa sudah bisa menerapkan teori etika dan etiket, dapat melatih skill dalam berkomunikasi dan dapat menjalin silaturahmi kepda warga sekolah SDN Grogol Selatan 05 Pagi.
2.      Hal yang masih kurang baik
Ada rasa canggung dan segan untuk bertanya atau berkomunikasi dalam pertemuan pertama kegiatan ini.
d.      Pengukuran Kinerja
1.      Survey Eksternal
Hasil survey kami terhadap sekolah tidak buruk, karena kami diberikan fasilitas yang memadai seperti ruang tunggu, tempat parkir yang aman dan lingkungan yang membuat kami nyaman


2.      Survey Internal
a.       Disiplin Waktu
Dalam melakukan kegiatan ini kami datang setengah jam sebelum melakukan kegiatan, karena kami harus melapor atau meminta izin kembali dari pihak sekolah
b.      Ide-ide yang disampaikan
Menerima ide dalam bentuk masukan waktu pelaksaan melakukan kegiatan
c.       Penerapan dilapangan
Dalam melakukan pendataan 8355 diwakili oleh ketua kelompok sedangkan kami selaku anggota banyak berperan dalam melakukan pendataan KJP
d.      Inisiatif
Kami sekolompok berinisiatif membagi tugas dalam kegiatan pendataan KJP dan 8355 agar terlaksana dengan cepat dan terkendali dengan kerjasama tim
e.       Sikap (Etika berbicara, sopan santun)
Sikap yang kami lakukan tentunya menerapkan teori etika dan etiket guna menjaga nama baik, akhlak dan sikap pribadi, kelompok, TFI dan Universitas Bina Nusantara






PENUTUP
1.      Hasil Kegiatan
Hasil wawancara dari pihak tata usaha sekolah dicocokan dengan data dari TFI. Dan dari hasil tersebut, kami dapat  mengetahui jumlah siswa-siswi di SDN Grogol Selatan 05 Pagi
2.      Kesimpulan
Dalam kegiatan ini kami dapat menyimpulkan, perlu adanya keterampilan dalam mendata agar tidak terjadi kesalahan pada saat verifikasi. Selain itu keterampilan kami dalam berkomunikasi juga sangat dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan ini dan terlebih lagi kerja sama dan tanggung jawab tim diperlukan.
3.      Next to do
Lebih meningkatkan tanggung jawab pribadi dan kelompok dan sikap saling menghargai satu sama lain.
4.      Informasi berapa jumlah peserta
a.       Pihak sekolah :
1)      Kepala sekolah
2)      Tata Usaha
3)      Wali/Guru kelas
4)      Siswa-siswi
b.      Pihak kelompok (berjumlah 8 orang)






No comments:

Post a Comment