

Kelas : LF53
Dosen : D1812- Rina Patriana Chairiyani
S.S., M.Pd
Waktu : Senin, 15 Oktober
2015
Pukul : 09.00 – 12.00 ( 180 menit )
Lokasi :
SDN Grogol Selatan 05 Pagi
Jl. Kubur Islam Rt.012 Rw.01 Grogol Selatan,
Kebayoran Lama
Tim yang Hadir
Ketua : Risma Fitrianah 1701357121
Anggota :
1. Ari
Satriawan 1701363566
2. Bintang
Permatasari 1701339541
3. Cindy
Melinda 1701353003
4. Isnani
Rahmatullah 1701308624
5. Maya
Kurnia 1701350834
6. Rifkah
Tiara Kusumah 1701295590
7. Ulfa
Akhyara 1701304582
*Seluruh
anggota hadir.
ISI
a.
Teori Etika dan Etiket
Pertama,
Etiket berkenaan dengan cara suatu perbuatan yang dilakukan, misalnya cara
menyajikan makanan, cara makan, cara berbicara dll. Sedangkan etika berhubungan
dengan masalah apakah suatu perbuatan boleh atau tidak boleh dilakukan,
misalnya tidak boleh menyajikan makanan kadaluwarsa, tidak makan makanan orang
tanpa izin, tidak boleh memfitnah orang lain. Kedua, etiket hanya berlaku dalam pergaulan. Jadi, berlaku hanya
jika ada orang lain. Sedangkan etika berlaku baik ada orang lain maupun tidak. Ketiga, etiket bersifat
relatif-particular. Etiket umunya berlaku berbeda dari satu kelompok masyarakat
ke kelompok masyarakat lainnya. Sedangkan etika lebih bersifat
absolute-universal. Etika umunya berlaku umum dimana saja ada manusia. Keempat, etiket mengatur manusia secara
lahiriah. Misalnya etiket berpenampilan didepan umum. Sedangkan etika lebih
menyangkut penampilan rohaniah atau batiniah.
Dalam kegiatan kegiatan ini kami
menerapkan etika dan etiket sebagaimana mestinya, seperti etiket dalam cara
berbicara, berbaur dengan masyarakat sekolah dan berpenampilan yang rapih
selayaknya mahasiswa. Sedangkan etika kami memulai dengan meminta izin terlebih
dahulu dalam melaksanakan kegiatan ini kepada pihak sekolah, berpenampilan
sopan bersifat umum dalam dunia pendidikan.
b.
Persiapan yang kami lakukan :
1.
Meminta izin pihak sekolah
2.
Setelah mendapat izin, kami
menyiapkan dokumen-dokumen, antara lain:
a.
Data Penerima KJP
b.
Data 8355
c.
Data verivikasi 8355
d.
Validasi pendidikan
e.
Instrumen KJP Siswa
f.
Instrumen KJP Sekolah
g.
Form Evaluasi Kegiatan
3.
Melakukan kegiatan, selama
melaksanakan kegiatan kami menggunakan almamater dan membawa kartu mahasiswa
atau card flazz sebagai identitas
c.
Dalam melakukan kegiatan Pendataan
data 8355 di SDN Grogol Selatan 05 Pagi kami menggunakan metode wawancara
langsung kepada pihak Tata Usaha sekolah sesuai dengan data verifikasi 8355. Hal-hal
yang berdampak pada metode ini :
1.
Hal Positif
Kami merasa sudah bisa
menerapkan teori etika dan etiket, dapat melatih skill dalam berkomunikasi dan
dapat menjalin silaturahmi kepda warga sekolah SDN Grogol Selatan 05 Pagi.
2.
Hal yang masih kurang baik
Ada rasa canggung dan
segan untuk bertanya atau berkomunikasi dalam pertemuan pertama kegiatan ini.
d.
Pengukuran Kinerja
1.
Survey Eksternal
Hasil survey kami
terhadap sekolah tidak buruk, karena kami diberikan fasilitas yang memadai
seperti ruang tunggu, tempat parkir yang aman dan lingkungan yang membuat kami
nyaman
2.
Survey Internal
a.
Disiplin Waktu
Dalam melakukan
kegiatan ini kami datang setengah jam sebelum melakukan kegiatan, karena kami
harus melapor atau meminta izin kembali dari pihak sekolah
b.
Ide-ide yang disampaikan
Menerima ide dalam
bentuk masukan waktu pelaksaan melakukan kegiatan
c.
Penerapan dilapangan
Dalam melakukan
pendataan 8355 diwakili oleh ketua kelompok sedangkan kami selaku anggota
banyak berperan dalam melakukan pendataan KJP
d.
Inisiatif
Kami sekolompok
berinisiatif membagi tugas dalam kegiatan pendataan KJP dan 8355 agar
terlaksana dengan cepat dan terkendali dengan kerjasama tim
e.
Sikap (Etika berbicara, sopan
santun)
Sikap yang kami lakukan
tentunya menerapkan teori etika dan etiket guna menjaga nama baik, akhlak dan
sikap pribadi, kelompok, TFI dan Universitas Bina Nusantara
PENUTUP
1.
Hasil Kegiatan
Hasil wawancara dari pihak tata usaha sekolah
dicocokan dengan data dari TFI. Dan dari hasil tersebut, kami dapat mengetahui jumlah siswa-siswi di SDN Grogol
Selatan 05 Pagi
2.
Kesimpulan
Dalam kegiatan ini kami dapat menyimpulkan,
perlu adanya keterampilan dalam mendata agar tidak terjadi kesalahan pada saat
verifikasi. Selain itu keterampilan kami dalam berkomunikasi juga sangat dibutuhkan
dalam melaksanakan kegiatan ini dan terlebih lagi kerja sama dan tanggung jawab
tim diperlukan.
3.
Next to do
Lebih meningkatkan tanggung jawab pribadi dan
kelompok dan sikap saling menghargai satu sama lain.
4.
Informasi berapa jumlah peserta
a. Pihak sekolah :
1) Kepala sekolah
2) Tata Usaha
3) Wali/Guru kelas
4)
Siswa-siswi
b.
Pihak kelompok (berjumlah 8 orang)
No comments:
Post a Comment