Tuesday, 15 December 2015

PENDATAAN 8355 SMP NEGERI 48 JAKARTA




Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di Sekolah SMP Negeri 48 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia


Kelas                           : LF53 
Dosen                          : D1812- Rina Patriana Chairiyani S.S., M.Pd   
Waktu                          : Senin, 15 Oktober 2015 
Pukul                           : 09.00 – 12.00  
Lokasi                          : SMP Negeri 48 Jakarta
Jl. Kebayoran Lama No. 192 Cipulir Jakarta Selatan


Tim yang tidak hadir : Tidak ada anggota tim yang tidak hadir

Tim yang Hadir
Ketua              : Risma Fitrianah         1701357121
Anggota          :
1.      Ari Satriawan                          1701363566
2.      Bintang Permatasari                1701339541
3.      Cindy Melinda                        1701353003
4.      Isnani Rahmatullah                 1701308624
5.      Maya Kurnia                           1701350834
6.      Rifkah Tiara Kusumah            1701295590
7.      Ulfa Akhyara                          1701304582





Isi
a.       Teori Utilitarianisme
Teori Utilitarianisme merupakan doktrin moral dimana kita harus bertindak supaya menghasilkan kebahagiaan terbesar bagi setiap orang yang dipengaruhi oleh tindakan kita tersebut. Berdasarkan penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa etika utilitarianisme memberi penekanan pada tujuan dan akibat dari sebuah atau suatu perbuatan. Kalau suatu perbuatan tidak memberikan kebahagiaan kepada sebanyak mungkin, maka perbuatan tersebut tidak dapat di kategorikan sebagai sesuatu yang baik secara etis.
Dalam kegiatan kegiatan ini kami menerapkan Teori Utilitarianisme sebagaimana mestinya, Dalam penginputan data 8355 ini kita amat sangat memperhatikan seluruh data siswa/I guna tidak melakukan kesalahan seperti yang tidak diinginkan. Karena ini menyangkut data pribadi siswa/I yang terdapat di sekolah tersebut.
b.      Persiapan yang kami lakukan :
1.      Meminta izin pihak sekolah
2.      Setelah mendapat izin, kami menyiapkan dokumen-dokumen, antara lain:
a.       Data Penerima KJP
b.      Data 8355
c.       Data verifikasi 8355
d.      Validasi pendidikan
e.       Instrumen KJP Siswa
f.       Instrumen KJP Sekolah
g.      Form Evaluasi Kegiatan
3.      Melakukan kegiatan, selama melaksanakan kegiatan kami menggunakan almamater dan membawa kartu mahasiswa atau flazz card sebagai identitas

c.       Dalam melakukan kegiatan Pendataan data 8355 di SMP Negeri 48 Jakarta kami menggunakan metode wawancara langsung kepada pihak Tata Usaha sekolah sesuai dengan data verifikasi 8355. Hal-hal yang berdampak pada metode ini :
1.      Hal Positif
Kami merasa sudah bisa menerapkan teori Utilitarianisme, guna menyelesaikan tugas Character Building : Profesional Development semester ini
2.      Hal yang masih kurang baik
Ada rasa canggung dan segan untuk bertanya atau berkomunikasi dalam pertemuan pertama kegiatan ini.
d.      Pengukuran Kinerja
1.      Survey Eksternal
Hasil survey kami terhadap sekolah tidak buruk, karena kami diberikan fasilitas yang memadai seperti ruang tunggu, tempat parkir yang aman dan lingkungan yang membuat kami nyaman

2.      Survey Internal
a.       Disiplin Waktu
Dalam melakukan kegiatan ini kami datang setengah jam sebelum melakukan kegiatan, karena kami harus melapor atau meminta izin kembali dari pihak sekolah
b.      Ide-ide yang disampaikan
Menerima ide dalam bentuk masukan waktu pelaksaan melakukan kegiatan
c.       Penerapan dilapangan
Dalam melakukan pendataan 8355 diwakili oleh ketua kelompok sedangkan kami selaku anggota banyak berperan dalam melakukan pendataan KJP
d.      Inisiatif
Kami sekolompok berinisiatif membagi tugas dalam kegiatan pendataan KJP dan 8355 agar terlaksana dengan cepat dan terkendali dengan kerjasama tim
e.       Sikap (Etika berbicara, sopan santun)
Sikap yang kami lakukan tentunya menerapkan teori etika dan etiket guna menjaga nama baik, akhlak dan sikap pribadi, kelompok, TFI dan Universitas Bina Nusantara








Penutup
1.      Hasil Kegiatan
Hasil wawancara dari pihak tata usaha sekolah dicocokan dengan data dari TFI. Dan dari hasil tersebut, kami dapat  mengetahui jumlah siswa-siswi di SMP Negeri 48.
2.      Kesimpulan
Dalam kegiatan ini kami dapat menyimpulkan, perlu adanya keterampilan dalam mendata agar tidak terjadi kesalahan pada saat verifikasi. Selain itu keterampilan kami dalam berkomunikasi juga sangat dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan ini dan terlebih lagi kerja sama dan tanggung jawab tim diperlukan.
3.      Next to do
Lebih meningkatkan tanggung jawab pribadi dan kelompok dan sikap saling menghargai satu sama lain.
4.      Informasi berapa jumlah peserta
a.       Pihak sekolah :
1)      Kepala sekolah
2)      Tata Usaha
3)      Wali/Guru kelas
4)      Siswa-siswi
b.      Pihak kelompok (berjumlah 8 orang)






No comments:

Post a Comment